Medio Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol. 2 No. 2 (2024): DESEMBER

Strategi Editing Iklan Dalam Mengembangkan Layanan Masyarakat (Studi Kasus di Lembaga Penyiaran Radio RSAL FM Nganjuk)

Aula, Miftachul (Unknown)
Sutamaji, Sutamaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Editing adalah salah satu elemen penting yang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan pembuatan iklan guna untuk merapikan dan membuat sebuah audio menjadi lebih berguna dan enak didengarkan. Penelitian ini ingin mencari bagaimana formulasi strategi editing iklan dan bagaimana implementasi strategi editing iklan serta Bagaimana evaluasi strategi editing iklan dalam mengembangkan layanan masyarakat di Radio RSAL FM. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berasal dari pendekatan interpretatif atau subjektif. Pendekatan interpretatif ini mempunyai dua varian, yakni kritis dan constructivism. Adapun penelitian ini berangkat dari pendekatan kritis sebagaimana analisis framing pada umumnya. Dengan metodologi kualitatif yang lebih menekankan pada persoalan kedalaman (kualitas) data bukan pada banyaknya (kuantitas) data. Berdasarkan data di lapangan, peneliti menemukan fakta bahwa Radio RSAL. FM Nganjuk dari penyiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan penyampaian iklan sudah sangat efektif. Iklan merupakan sebentuk penyampaian pesan sebagaimana kegiatan komunikasi lainnya. Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang penting sebagai alat pemasaran dalam membantu menjual barang, memberikan pelayanan, dan ide-ide melaui saluran tertentu atau gagasan dalam bentuk yang persuasif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mji

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Medio Jurnal Ilmu Komunikasi is a bi-annual journal issued on June and December. It consists of research-based articles and /or conceptual articles in communications. Medio Jurnal Ilmu Komunikasi has been published since 2023 by Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, ...