Caring behavior adalah adalah tindakan atau sikap yang diambil untuk menciptakan rasa aman kepada orang lain dengan tulus dan ikhlas. Kepuasaan adalah perasaan bahagia atau sedih seseorang yang dirasakan setelah membandingkan antara pandangan atau kinerja terhadap suatu hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi Caring Behavior Perawat Dan Kepuasaan Pasien di Ruangan Melania dan Laura Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2024. Metode penelitian ini menggunakan desain deskripitif, dengan jumlah populasi 228 responden, sampel yang digunakan sebanyak 70 responden dengan menggunakan teknik Convenience sampling pada kriteria inklusi. Instrument: kuesioner kepuasaan pasien dan kuesioner caring behavior. Analisis yang digunakan analisis tabel (frekuensi & presentase). Hasil penelitian ini menunjukkan caring behavior di Ruangan Melania dan Laura Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan dengan kategori sangat baik sebanyak 53 responden (75,7 %), kategori baik sebanyak 17 responden (24,3 %) dan hasil penelitian kepuasaan pasien puas sebanyak 38 responden (54,3 %) dan sangat tidak puas sebanyak 1 responden (1.4 %). Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang penerapan caring yang baik sehingga meningkatnya kepuasaan pasien di Rumah Santa Elisabeth Medan.
Copyrights © 2025