Journal of Islamic Economics and Finance
Vol. 1 No. 2 (2024): November

PENGARUH FINANCIAL LITERACY, LIFESTYLE DAN INCOME TERHADAP FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR GENERASI Z DI DKI JAKARTA

Rahmawati, Wahyu (Unknown)
Fathihani, Fathihani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial literacy, gaya hidup (lifestyle), dan pendapatan terhadap perilaku manajemen keuangan (financial management behavior) pada Generasi Z di DKI Jakarta. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, data primer diperoleh melalui survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 100 responden. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria Generasi Z berusia 19-27 tahun yang memiliki penghasilan, menggunakan rumus Slovin dengan tingkat toleransi kesalahan 10%. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS 25 dengan pengujian validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa semua item pada variabel penelitian valid (r hitung > r tabel) dan reliabel (Cronbach's Alpha > 0,6). Uji regresi menunjukkan pengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial dari financial literacy, gaya hidup, dan pendapatan terhadap perilaku manajemen keuangan. Koefisien determinasi (R²) mengindikasikan kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Simpulan, Penelitian ini memberikan implikasi praktis dalam meningkatkan literasi keuangan dan perilaku pengelolaan keuangan pada Generasi Z, yang relevan bagi pengambil kebijakan dan lembaga pendidikan untuk mengembangkan program literasi keuangan yang terfokus. Kata Kunci: Financial Literacy, Gaya Hidup, Pendapatan, Perilaku Manajemen Keuangan, Generasi Z

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joieaf

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Journal of Islamic Economics and Finance is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of Islamic economics, Islamic microfinance, Islamic philanthropy (zakat and waqf), Halal economy, Islamic Banking, ...