Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menabung pada produk Tabungan Haji iB Maslahah di Bank BJB Syariah Kantor Cabang Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 nasabah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan, promosi, lokasi, dan pengetahuan nasabah berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung. Model regresi berganda menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki hubungan positif dengan keputusan menabung, dengan pengaruh terbesar pada variabel pengetahuan (28%) dan pelayanan (24,4%). Analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen mampu menjelaskan 74,2% variasi keputusan nasabah. Uji simultan menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari variabel pelayanan, promosi, lokasi, dan pengetahuan terhadap keputusan nasabah menabung pada produk Tabungan Haji iB Maslahah di Bank BJB Syariah termasuk di Kantor Cabang Kota Medan
Copyrights © 2024