Jurnal Informatika Upgris
Vol 10, No 2: Desember 2024

Pemanfaatan Metode TOPSIS dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menilai Kualifikasi Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Lutfi, Septia (Unknown)
Winarsih, Winarsih (Unknown)
Purwanto, Agus (Unknown)
Solikhin, Solikhin (Unknown)
Riyanto, Eko (Unknown)
Mashuri, Agus Alwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana masyarakat Desa Rakitan yang terkena wabah COVID-19 terbantu dengan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Keberadaan sistem saat ini tidak terotomatisasi, sehingga menambah kompleksitas dan menimbulkan asumsi subjektivitas dalam proses bantuan. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi agar bantuan dapat lebih cepat dan tepat sasaran. Untuk membantu masyarakat menentukan apakah mereka berhak menerima bantuan, karya ini mengusulkan aplikasi pendukung keputusan yang menggunakan teknik TOPSIS untuk memberikan rekomendasi kelayakan bagi warga penerima bantuan berdasarkan penilaian kriteria-kriteria seperti pekerjaan, pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, usia, status perkawinan, dan penderita penyakit kronis. Semua langkah pengembangan dilakukan secara sequensial linier yang meliputi; analisis, perancangan, kode, dan pengujian. Berdasarkan temuan-temuan yang ada, pilihan yang optimal adalah pilihan yang meminimalkan kesenjangan antara jawaban aktual dan jawaban positif yang ideal. Orang pertama memperoleh nilai prefernsi (0.95236), kedua (0.89631), ketiga (0.84660), keempat (0.79974), kelima (0.77292), dan keenam (0.76553). Keenam orang tersebut yang ditetapkan layak mendapat bantuan dari dua puluh tiga orang yang terdaftar. Dengan demikian, aplikasi penunjang putusan ini dapat meringankan aparat desa ketika merekomendasikan kelayakan masyarakat pemeroleh Bantuan Langsung Tunai Dana Desa terdampak COVID-19.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIU

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics UPGRIS published since June 2015 with frequency 2 (two) times a year, ie in June and December. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving closely ...