JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAN AGAMA
Vol. 3 No. 2 (2025): April

Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia Dini

Nur Aisyah (Unknown)
Herlina Herlina (Unknown)
Muhammad Yusri Bachtiar (Unknown)
Wahira Wahira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini 5-6 tahun dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Subyek penelitian yaitu peserta didik. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini didesain sedemikian rupa, sehingga membuat suasana belajar yang menyenangkan. Metode bernyanyi dilakukan pada satu topik pembelajaran, metode tersebut lebih membantu dan memudahkan anak dalam mengenal, menghafal, menyerap dan memahami huruf dan mempraktekkan bunyi hurufnya. Oleh karena itu diperlukan suatu cara mengemas pembelajaran yang inovatif dalam menyampaikannya kepada anak, anak-anak senang dengan bernyanyi, guru harus memahami apa yang disukai oleh anak, dengan mengemas topik-topik dalam bentuk lagu, diharapkan anak dapat dengan mudah menerima. Guru menjadi kunci utama dalam kelancaran pembelajaran dengan metode bernyanyi, karena sebelum guru mengajarkan lagu sebaiknya guru benar-benar paham akan lagu yang diajarkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPA

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAN AGAMA (JIPA)diterbitkan untuk mengembangkan dan memperkaya diskusi ilmiah bagi para sarjana dan penulis yang menaruh minat pada isu-isu sosial-budaya di Indonesia. Redaksi menerima artikel berbasis teori dan penelitian. Cakupan keilmuan Jurnal ini meliputi ...