Perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan norma atau aturan yang berlaku. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan untuk membentuk perilaku anak. Sikap yang positif perlu terus dibentuk dan dikembangkan. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku positif dengan penerapan kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas merupakan salah satu bentuk dari disiplin positif untuk mengatasi perilaku menyimpang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu proses penelitian dilakukan tidak untuk membuktikan teori dan tidak berupa angka, melainkan menggambarkan dan menguraikan secara rinci dan mendalam permasalahan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas VI, peserta didik kelas VI. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara yang wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display atau penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengimplementasian disiplin positif melalui kesepakatan kelas mampu mengatasi serta memperbaiki perilaku menyimpang peserta didik dan menciptakan proses pembelajaran yang kondusif.
Copyrights © 2024