Bisnis dapat dijalankan tanpa harus terkendala pada batas negara dengan adanya teknologi digital. Pihak perusahaan dapat bertemu dengan partner dan kliennya dari seluruh penjuru dunia. Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) merupakan suatu metode dalam mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan dalam rangka peningkatan loyalitas pengkonsumsian produk-produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dengan memanfaatkan media elektronis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu metode yang menuju pemahaman secara mendalam, dengan memperoleh data melalui wawancara dan observasi. Penulis akan menganalisis data melalui cara terbuka, yaitu mendapat data dari wawancara dengan detail. Tujuan metode penelitian kualitatif adalah untuk mengumpulkan data secara akurat dan lengkap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) secara signifikan meningkatkan penjualan toko sebesar 15-20%, dengan kemudahan akses dan pengelolaan yang lebih efisien. Efisiensi yang ditawarkan oleh E-CRM tidak hanya membantu dalam proses pemasaran produk, tetapi juga dalam pengelolaan toko yang lebih mudah, nyaman, efektif, dan efisien. Keywords: E-CRM, website, promosi produk, manajemen pelanggan, teknologi internet
Copyrights © 2024