Tematik
Vol. 5 No. 1 (2025): Januari

Pelatihan Workshop Management Aadministration Smart Rapid Service untuk Meningkatkan Kompetensi Bisnis Sepeda Motor Era Society 5.0 di SMK Ma’arif NU 1 Limpung

Ariwibowo, Bayu (Unknown)
Abdillah, Fuad (Unknown)
Fatra, Fahmy (Unknown)
Budiyanto, Budiyanto (Unknown)
Nurrochim, Syahrunnesa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

SMK Ma’arif NU 1 Limpung berdasarkan pengamatan telah menerapkan konsep Teacing Factory dalam pembelajaran. Kegiatan ini berjalan dengan baik, namun masih memiliki kendala yaitu pada pencatatan administrasi jasa servis. Perlu adanya pelatihan khusus bagi guru dan siswa dalam mengelola data pelanggan servis yang masuk secara administratif dengan memanfaatkan teknologi. Dengan Workshop Management Administration, peserta pelatihan akan mendapatkan keterampilan dalam mengelola data pelanggan secara professional. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kompetensi bisnis sepeda motor di era society 5.0 dengan memanfaatkan aplikasi Workshop Management Administration Smart Rapid Service. Pengabdian dilaksanakan dengan metode training simulasi dan pertemuan dilaksanakan secara langsung. Hasilnya adalah terdapat peningkatan keterampilan pengelolaan data pelanggan yang lebih administrative. Dari 20 peserta, 75% peserta mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik, dan 25% peserta dengan baik. Hal tersebut dapat diukur dalam keterampilannya saat memasukkan data pelanggan, data pembelaian barang, mengecek penjualan, biaya jasa, mengecek stok barang dan mencetak nota pembayaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

TEMATIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan ...