Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang mencakup tujuan, metode, media pembelajaran, dan komponen lainnya, tetapi masih belum meningkatkan hasil belajar siswa. Ada sebagian siswa yang sudah mahir dalam pembelajaran. Tetapi sebagian lainnya masih pasif dan juga masih rendah nilai hasil belajarnya. Hal tersebut tentunya belum memenuhi ketentuan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Aqidah Akhlak, hasil belajar siswa dan seberapa besar pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar siswa pada materi husnudzan, tawadhu’, tasamuh, dan ta’awun. Jenis penelitian skripsi ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan desain one shot case study. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari prosentase, uji korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pembelajaran Aqidah Akhlak termasuk kategori cukup dengan nilai 85%. (2) hasil hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup dengan nilai mean 81. (3) hasil analisis uji t hasil t hitung = 2,367 ≥ t tabel = 1,684 artinya data signifikan.
Copyrights © 2024