Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan visi misi pondok pesantren darunnajah dalam meningkatkan manajemen mutu dan untuk manajemen mutu di pondok pesantren darunnajah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui sudut pandang ilmu pendidikan dengan observasi partisipatif untuk menguraikan, menggambarkan, menggali dan mendeskripsikan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata- kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah serta dengan memanfaatkan berbagai metod alamiah. Pesantren dikatakan bermutu jika output yang dihasilkannya mampu menyatukan antara pendidikan agama dengan pendidikan umum sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Artinya, keseimbang-an dalam diri output pendidikan pesantren merupakan kebutuhan primer. Keseimbangan antara aspek yang transendental dengan yang profane dalam formulasi ini dan tujuan dari Pendidikan Islam ter-tuang di kerangka terminology pendidikan Islam sendiri. Dalam mencapai tujuan, sangat di butuhkan dan di perlukan proses perencanaan dan strategi yang sangat matang supaya dari apa yang nantinya di putuskan menjadi terarah dan sesuai dengan apa yang di inginkan serta memiliki visi misi yang jelas arah geraknya.
Copyrights © 2024