ABSTRACT This research aims to map the profile of Bido durian consumers in Wonosalam using an image mapping approach. The image mapping method was used to identify consumer characteristics and preferences based on survey data involving 80 respondents who were durian consumers in Wonosalam District, Jombang Regency. Sampling was carried out using an accidental sampling technique. The method used in this research is quantitative descriptive analysis. The attributes observed in this research are price, taste, texture, meat color, meat thickness and aroma. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis and correspondence analysis. The research results show that Bido durian consumers in Wonosalam sub-district are dominated by the 25-45 year age group with middle to upper income levels. Consumers' main preference is durian with its bitter sweet taste and soft texture. In addition, visual image analysis reveals that Bido durian is often consumed in the context of family events and as a snack, with promotion via social media proving effective in reaching young consumers. Keywords: Consumer Image, Bido Durian Fruit ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memetakan profil konsumen durian Bido di Wonosalam menggunakan pendekatan pemetaan image. Metode pemetaan image digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik dan preferensi konsumen berdasarkan data survei yang melibatkan 80 responden yang merupakan konsumen durian di Kecamata Wonosalam Kabupaten Jombang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Atribut – atribut yang diamati pada penelitian ini adalah harga, rasa, tekstur, warna daging, ketebalan daging dan aroma. Dengan Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korespondensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen durian Bido di kecamatan Wonosalam didominasi oleh kelompok usia 25-45 tahun dengan tingkat pendapatan menengah ke atas. Preferensi utama konsumen adalah durian dengan rasa manis pahit dan tekstur lembut. Selain itu, analisis citra visual mengungkapkan bahwa durian Bido sering dikonsumsi dalam konteks acara keluarga dan sebagai Makanan selingan, dengan promosi melalui media sosial yang terbukti efektif menjangkau konsumen muda. Kata Kunci : Image Konsumen, Buah Durian Bido.
Copyrights © 2024