PT Nectars Natura Karya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri dan perdagangan kosmetik alami berbahan organik. Upaya promosi dan pemasaran yang dilakukan PT Nectars Natura Karya di media sosial dan marketplace masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi dan pemasaran yang dilakukan PT Nectars Natura Karya, serta menganalisis penerapan perencanaan pemasaran dan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan kuesioner pada Direktur, Manajer, Staf Administrasi, dan konsumen PT Nectars Natura Karya. Data sekunder diperoleh dari studi literatur dan observasi pada akun media sosial dan marketplace PT Nectars Natura Karya yang bernama Nectars.id. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis IFE dan EFE, SWOT, serta SOSTAC Plans. Hasil penelitian ini menemukan bahwa PT Nectars Natura Karya melakukan produksi secara mandiri dari pengolahan bahan baku hingga tahap distribusi, serta aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui media sosial dan marketplace. Berdasarkan hasil analisis IFE dan EFE, SWOT dan SOSTAC Plans diperoleh strategi pemasaran digital yang memprioritaskan upaya peningkatan pemasaran melalui media sosial dan marketplace untuk meningkatkan penjualan secara online pada konsumen. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan intensitas unggahan konten untuk memperkuat engagement dengan konsumen, memanfaatkan fitur live streaming di media sosial dan marketplace untuk melakukan interaksi dengan konsumen dan melakukan transaksi online.
Copyrights © 2024