Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dimana letak kesulitan belajar dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar struktur aljabar yang dialami oleh mahasiswa agar nilai struktur aljabar sehingga mahasiswa termotivasi untuk mengikuti mata kuliah struktur aljabar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Temuan menjelaskan bahwa letak kesulitan mahasiswa dalam belajar struktur aljabar yaitu pada bagian pemecahan masalah, konsep dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa berkemampuan matematika tinggi dapat melakukan pembuktian grup untuk sifat tertutup, assosiatif, mempunyai elemen identitas dan mempunyai invers sesuai dengan definisinya. Untuk mahasiswa berkemampuan matematika sedang tidak melakukan pembuktian tentang keberadaan invers pada sebuah himpunan yang merupakan grup atau bukan grup. Sedangkan pemahaman mahasiswa berkemampuan matematika rendah hanya terbatas pada pemahaman sifat ketertutupan untuk syarat sebuah grup.
Copyrights © 2025