Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mendorong berbagai instansi pemerintahan, termasuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), untuk memanfaatkan aplikasi Google Spreadsheet sebagai solusi digital dalam pengelolaan surat masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Google Spreadsheet di lingkungan Kementerian ATR/BPN, khususnya dalam mendukung tugas sekretaris mengelola surat masuk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus melalui pengamatan dan partisipasi langsung penulis 1 dari bulan Februari sampai Juni 2024. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan sekretaris di Biro Hukum Kementerian serta mempelajari dokumen terkait dan menggunakan langsung aplikasi Google Spreadsheet dalam pengelolaan surat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Google Spreadsheet dapat dimanfaatkan sekretaris dalam pengelolaan surat masuk, dengan kemudahan dan berbasis web sehingga dapat diakses setiap saat melalui jaringan internet. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi Google Spreadsheet dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan surat masuk di Kementerian ATR/BPN seperti pencatatan surat masuk (input), pencarian surat masuk dan pencetakan laporan surat masuk. Saran yang dapat disampaikan terkait hasil penelitian ini adalah keseragaman dalam pemanfaatan aplikasi Google Spreadsheet dalam pengelolaan surat masuk, karena di beberapa unit masih ada yang dilakukan secara manual. Hak akses aplikasi untuk berbagi file perlu diperhatikan, demi terjaganya keamanan rahasia dokumen.Kata-kata Kunci: Google Spreadsheet; pengelolaan; surat masuk; Kementerian ATR/BPN; Sekretaris
Copyrights © 2024