An-Nisbah : Jurnal Perbankan Syariah
Vol. 6 No. 1 (2025): An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah

Strategi Pemasaran Pada Produk Bank Syariah Berbasis Digital Fintech dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur

Sri Mulyani (Unknown)
Yulia Putri, Karisma (Unknown)
Suryo Kuncoro, Priatmojo (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi industri perbankan, termasuk perbankan syariah. Bank Muamalat Indonesia KC Malang Jawa Timur sebagai salah satu bank syariah terdepan di Indonesia, terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanannya melalui pemanfaatan teknologi digital fintech. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk bank syariah berbasis digital fintech dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam terhadap pimpinan, karyawan dan nasabah, dan dokumentasi pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur menerapkan strategi pemasaran marketing mix 9P dengan fokus pada beberapa aspek, yaitu: promosi, melakukan edukasi dan sosialisasi produk melalui berbagai media, seperti media sosial, website, dan seminar. Produk, mengembangkan produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan nasabah, seperti mobile banking, internet banking, dan e-money. Tempat, memperluas jaringan distribusi melalui kerjasama dengan berbagai pihak, seperti lembaga-lembaga ternama, marketplace, dan minimarket. Layanan, meningkatkan kualitas layanan dengan menyediakan layanan yang mudah diakses, cepat, dan aman. Strategi pemasaran produk bank syariah berbasis digital fintech yang diterapkan oleh Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur telah efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan menarik minat nasabah. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah nasabah pengguna produk digital fintech Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Malang Jawa Timur. Namun, terdapat kendala yang dihadapi seperti kurangnya literasi digital pada nasabah dam kendala pada penggunaan layanan digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nisbah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

An-Nisbah merupakan jurnal khusus yang dibuat guna memberikan berbagai pengetahuan ilmiah berkaitan dengan perbankan syariah. Dengan adanya jural An-Nisbah ini diharapkan akan dapat memberikan berbagai pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah mencakup berbagai permasalahan dan solusi tentang ...