Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan dalam pembelajaranbahasa Inggris di Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala. Hasil wawancara dan observasimengungkapkan beberapa permasalahan utama, seperti rendahnya motivasi siswa, dan minimnyakesempatan berinteraksi menggunakan bahasa Inggris secara aktif. Penyajian media pembelajaran yang menarik, terutama untuk siswa kelas bawah (kelas 1-3), masih menjadi kendala. Di sisi lain, siswa kelas atas (kelas 4-6) lebih tertarik pada media visual dan audio. Selain itu, siswa sering merasapasif dalam keterampilan berbicara, yang memerlukan lebih banyak latihan melalui pendekatanpembelajaran yang inovatif dan interaktif. Konsep pembelajaran yang merepresentasikan kurikulum merdeka belajar dengan menawarkan alternatif pembelajaran seperti animasi pembelajaran kosa kata dasar dan game edukatif dalam memahami bahasa inggris. Dari hasil penelitian ini menyimpulkanbahwa penerapan media pembelajaran visual dan interaktif, seperti buku interaktif dan permainanedukasi dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berbahasa Inggris siswa.
Copyrights © 2025