Keterampilan berbahasa Inggris adalah salah satu aspek penting yang sebaiknya diperkenalkan sejak dini di tingkat sekolah dasar. Namun, motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris sering rendah karena kurangnya daya tarik dalam metode pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah game edukatif berbasis mobile yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris di kalangan siswa SD Singosari Medan. Game ini didesain dengan pendekatan interaktif dan menyenangkan, menawarkan fitur-fitur seperti tantangan bertingkat, penghargaan, karakter visual menarik, dan audio pendukung untuk melatih kemampuan pelafalan. Dalam perancangan ini, materi pembelajaran yang disajikan meliputi pemahaman kosakata dasar, ungkapan umum, dan tata bahasa sederhana. Melalui uji coba dan evaluasi terhadap sekelompok siswa, hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukatif ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa dengan pendekatan yang lebih menarik sehingga memudahkan pemahaman mereka. Game ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif di lingkungan sekolah dasar, terutama dalam meningkatkan minat dan keterampilan dasar berbahasa Inggris siswa.
Copyrights © 2025