Kewirausahaan melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia, berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja dan memanfaatkan sumber daya alam. Meskipun jumlah wirausahawan meningkat, persentasenya masih di bawah target ideal. Di Palembang, UKM seperti Dapur Mak Vivi menghadapi tantangan dalam pemasaran online. Pelatihan media promosi digital yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UKM mengenai strategi pemasaran melalui platform digital, media sosial serta aplikasi berbasis mobile. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan ceramah dan simulasi langsung, dengan fokus pada penggunaan aplikasi desain grafis Canva untuk meningkatkan daya tarik produk. Hasil dari pelatihan menunjukkan antusiasme peserta dan peningkatan pengetahuan mengenai desain kemasan dan label produk. Evaluasi dilakukan melalui sesi tanya jawab, yang menunjukkan pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan. Dari program pengabdian masyarakat ini memiliki kesimpulan bahwa dari pelatihan digital marketing bisa meningkatkan kemampuan UKM dalam bersaing di pasar, serta mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Hasil kegiatan yang sudah dilakukan memperlihatkan antusias dari peserta dan memahami nilai tambah terhadap pelatihan digital marketing.
Copyrights © 2025