Fikrah : Journal of Islamic Education
Vol 9, No 1 (2025)

Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah

Syattar, Marwani (Unknown)
Yashofia, Yashofia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang Implementasi Manajemen Kelas di SDIT AL ISHLAH Cibinong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru dan siswa-siswa SDIT AL ISHLAH Cibinong. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif. Implementasi manajemen kelas di SDIT AL ISHLAH Cibinong menerapkan (1)pengelolaan fisik dan (2) pengelolaan siswa, Pengelolaan kelas yang bersifat fisik ini meliputi pengaturan intensitas cahaya, tempat duduk siswa, metode pembelajaran, media pembelajaran, tata tertib di dalam kelas dan lain-lain sebagai inventaris kelas. Pengelolaan siswa, Pengelolaan siswa yaitu berkaitan dengan pemberian stimulus dalam rangka membangkitkan dan mempertahankan kondisi motivasi siswa untuk secara sadar berperan aktif dan terlibat dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Manifestasinya dapat berbentuk kegiatan, tingkah laku, suasana yang diatur atau diciptakan oleh guru dengan memberikan stimulus kepada siswa seperti ikut serta berperan aktif dalam proses pendidikan dan pembelajaran secara penuh. Pengelolaan siswa yang meliputi membina dan membimbing siswa, menetapkan hubungan emosional, mempertahankan minat dan perhatian siswa dan displin di dalam kelas. Sedangkan faktor pendukung manajemen kelas di SDIT AL ISHLAH Cibinong adalah kondisi fisik kelas dan faktor penghambat dalam implementasi manajemen kelas di SDIT AL ISHLAH Cibinong adalah kurangnya pelatihan-pelatihan untuk menunjang kinerja guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fikrah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Fikrah: Journal of Islamic Education published twice a year since 2017 (June and December), is a multilingual (Bahasa and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Faculty of Islamic Studies, Ibn Khaldun University of Bogor, in ...