Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi digital orang tua terhadap anak usia dini dalam penggunaan smartphone di desa Bilajeng Kabupaten Pinrang dan apa saja yang menjadi faktor penghambat serta faktor pendukung orang tua dalam menerapkan literasi digital terhadap anak usia dini. Untuk mengetahui permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara sebagai metode dalam pengumpulan data yang dilaksanakan di Desa Bilajeng Kabupaten Pinrang. Informan yang menjadi sumber data utama adalah orang tua yang memiliki anak usia dini dan memiliki smartphone. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi digital orang tua di desa Bilajeng lebih berfokus pada keterampilan digital (digital skills) dan keamaan digital (digital safety). Dan tingkat literasi digital orang tua di desa Bilajeng masih minim karena pemahaman orang tua terhadap fungsi smartphone, keterampilan penggunaan aplikasi, dan pemanfaatan website masih kurang. Hal ini didasari karena pemahaman dan keterampilan orang tua terhadap literasi digital berbeda-beda berdasarkan latar belakang pendidikannya. Namun di samping itu orang tua masih memiliki upaya dalam menanamkan sikap literasi digital yang baik dengan tetap memberikan pengawasan dan didikan kepada anak dalam menggunakan smartphone.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024