Penelitian ini bertujuan untukmengetahui Pengaruh Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Ipas pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif dengan Desain penelitian yang digunakan adalah desain One-Group Pretest-posttest design, Adapun Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong yang terdiri dari Kelas IVA berjumlah 26 orang siswa, Kelas IVB berjumlah 26 orang siswa, Kelas IVC berjumlah 25 orang siswa. Teknik yang digunakan adalah random sampling. sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV C berjumlah 25 orang siswa. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi dan Tes pg/esain .Berdasarkan hasil belajar siswa Nilai prettes memiliki mean 67,40sedangkan kelas kontrol memiliki mean 79,4. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa nilai rata–rata dari masing–masing kelas hampir sama dalam kategoricukup. Dari hasil ujiSPSS 20.0 diperoleh ???? hitung= 4,662 dan ???? tabel = 6,708. Sehingga ???? hitung >???? table dan nilai signifikansinya 0,00< 0,05. Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan ada Pengaruh Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS di SD Inpres 12 Kabupaten Sorong.
Copyrights © 2025