Artikel ini mengkaji implementasi pengelolaan akun YouTube di kalangan mahasiswa Fakultas Dakwah yang mana memiliki peranan penting dalam mendigitalisasi dakwah Islam serta meningkatkan penyebaran informasi keagamaan yang relevan dan bermanfaat. Sebagai platform media sosial yang populer, YouTube menawarkan peluang luas untuk menyampaikan pesan dakwah kepada audiens yang lebih luas, khususnya di kalangan mahasiswa. Pokok masalah pada penelitian ini yaitu implementasi pengelolaan konten dakwah digital yang efektif melalui YouTube dan apasaja faktor yang menghambat serta mendukung dalam pengelolaan akun YouTube. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap mahasiswa yang terlibat dalam pengelolaan konten dakwah di Youtube. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tahapan analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengelola dakwah digital dengan strategi yang meliputi perencanaan konten, produksi video, dan interaksi dengan audiens. Selain itu, mahasiswa juga menghadapi berbagai tantangan, seperti pemahaman materi, teknik pengeditan, dan promosi konten. Penelitian ini menemukan bahwa pengelolaan dakwah digital tidak hanya meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang strategi dakwah, tetapi juga memperkuat kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi informasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025