Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, penjualan barang melalui media sosial (e-commerce) sudah banyak dilakukan oleh banyak orang. Platform e-commerce telah menjadi bagian penting dalam perdagangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persaingan antara Shopee dan TikTok Shop menggunakan metode Game Theory dan Markov Chain guna menemukan strategi pemasaran yang optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 82 responden di Kota Medan, Sumatera Utara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas serta melihat nilai maksimum dan minimum dari data yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa probabilitas pergeseran aplikasi Shopee meningkat selama empat minggu sebesar 0,78 (78%) dimana strategi optimalnya adalah voucher. Sebaliknya, TikTok Shop hanya mengalami peningkatan sebesar 0,22 (22%) dimana strategi optimal berupa promo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran berbasis voucher dan promo dapat meningkatkan daya saing kedua platform, dengan implikasi signifikan bagi pengembangan strategi pemasaran berbasis data dalam e-commerce.
Copyrights © 2024