Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Alfamidi cabang Pasar Jengkol, baik secara parsial maupun simultan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan populasi 100.540 konsumen, dan sampel sebanyak 100 responden diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dan rumus Slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif dengan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear, regresi berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F melalui SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = 1.762 + 0.601X1 + 0.356X2, dengan koefisien determinasi 78,3%. Hasil uji t menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (t hitung 18.828 > t tabel 1.665), dan kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan (t hitung 13.254 > t tabel 1.665). Koefisien determinasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah 64,2%. Secara simultan, harga dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien determinasi 85,6%, dan sisa 14,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji F menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (F hitung 295.943 > F tabel 3.092).
Copyrights © 2024