Berdasarkan data Komisi Akreditasi FKTP sebanyak 9.153 dari 10.203 Puskesmas di Indonesia telah terakreditasi, namun hanya 239 puskesmas yang mencapai akreditasi paripurna. Akreditasi bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan untuk kepuasan pasien, yang dapat diukur dengan metode service quality. Penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif ini dilakukan di Puskesmas Neglasari dan Puskesmas Kedaung Wetan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel sebanyak 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan 70% pasien di Puskesmas Neglasari dan 73% pasien di Puskesmas Kedaung Wetan merasa puas, terutama pada dimensi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Namun, masih terdapat item yang kurang memuaskan yaitu fasilitas parkir yang belum memadai dan pelayanan masih belum dapat diandalkan. Saran dalam penelitian ini adalah Puskesmas Neglasari perlu mempertimbangkan perluasan area parkir serta meningkatkan keterampilan petugas dalam memenuhi permintaan pasien dan Puskesmas Kedaung Wetan diharapkan memperbaiki permukaan area parkir untuk kenyamanan pasien
Copyrights © 2025