Jurnal Pendidikan Matematika
VOLUME 11 NOMOR 1 JUNI 2024

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Masruroh, Masruroh (Unknown)
Wahyuni, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengevaluasi validitas, kemenarikan, dan keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa  pada materi SPLDV. Metode yang digunakan dalam peneltian adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian ( define ), perancangan ( design ), pengembangan ( develop ), dan penyebaran ( disseminate ). Uji coba pada penelitian ini  dilakukan pada 31 siswa kelas VII G SMP Nuris Jember. Hasil penelitian menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi memiliki tingkat kevalidan rata-rata 80%. Penilaian ahli media juga memberikan tingkat validitas dengan persentase rata-rata 84,73%, dan menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi.  Respon dari siswa terhadap LKS ini mendapatkan persentase rata-rata 83%, yang menunjukkan tingkat kemenarikan baik. Tes hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan pembelajaran sebesar 77,41%, bisa dikatakan tingkat keefektifan  baik. Oleh sebab itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa  LKS ini memiliki validitas, daya tarik dan efektifitas yang tinggi untuk diaplikasikan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The focus and scope of JPM: Jurnal Pendidikan Matematika include various aspects of Mathematics Education, such as research and development, quantitative and qualitative studies, experimental research, correlation and regression analysis, application of theory, critical analysis studies, and Islamic ...