Tujuan penelitian ini ialah mengevaluasi validitas, kemenarikan, dan keefektifan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada materi SPLDV. Metode yang digunakan dalam peneltian adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D, yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian ( define ), perancangan ( design ), pengembangan ( develop ), dan penyebaran ( disseminate ). Uji coba pada penelitian ini dilakukan pada 31 siswa kelas VII G SMP Nuris Jember. Hasil penelitian menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi memiliki tingkat kevalidan rata-rata 80%. Penilaian ahli media juga memberikan tingkat validitas dengan persentase rata-rata 84,73%, dan menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi. Respon dari siswa terhadap LKS ini mendapatkan persentase rata-rata 83%, yang menunjukkan tingkat kemenarikan baik. Tes hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan pembelajaran sebesar 77,41%, bisa dikatakan tingkat keefektifan baik. Oleh sebab itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa LKS ini memiliki validitas, daya tarik dan efektifitas yang tinggi untuk diaplikasikan pada proses pembelajaran.
Copyrights © 2024