Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Palur 02 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan pembelajaran menggunakan media Counting Box. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Palur 02 Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Counting Box dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Palur 02. Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari Krtiteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) atau nilai minimal ≥75 dari siklus I ke siklus II yang meningkat dari 64,56% menjadi 91,03 %. Keaktifan siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari meningkatnya skor rata-rata presentase keaktifan, dari 64,56 % menjadi 78,26 %.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024