Jurnal Pendidikan Matematika
VOLUME 11 NOMOR 1 JUNI 2024

Penerapan Media Counting Box untuk Meningkatkan Hasil dan Keaktifan Belajar Matematika

Rochmadani, Putri Rias (Unknown)
Ekosusilo, Madyo (Unknown)
Siwi, Dwi Anggraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Palur 02 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan pembelajaran menggunakan media Counting Box. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Palur 02 Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Counting Box dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Palur 02. Hasil belajar siswa meningkat dilihat dari Krtiteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) atau nilai minimal ≥75 dari siklus I ke siklus II yang meningkat dari 64,56% menjadi 91,03 %. Keaktifan siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari meningkatnya skor rata-rata presentase keaktifan, dari 64,56 % menjadi 78,26 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The focus and scope of JPM: Jurnal Pendidikan Matematika include various aspects of Mathematics Education, such as research and development, quantitative and qualitative studies, experimental research, correlation and regression analysis, application of theory, critical analysis studies, and Islamic ...