SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 8, No 1 (2025): Januari - Juni

Evaluasi Margin Pemasaran Ikan Hias Melalui Saluran Pemasaran Dan Media Sosial

Arida, Ririn Wahyu (Unknown)
Sholihin, Ustadus (Unknown)
Maulana, Julio Ivan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis margin pemasaran dalam industri ikan hias di Kabupaten Kediri, Indonesia, serta mengeksplorasi peran pemasaran digital melalui media sosial. Dengan sistem pemasaran yang panjang dan kompleks, pembudidaya ikan hias menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan keuntungan. Penelitian ini mengidentifikasi dua gap utama: kurangnya penelitian yang berfokus pada konteks lokal dan dampak media sosial terhadap keuntungan pelaku usaha. Melalui analisis saluran distribusi, ditemukan bahwa margin pemasaran di tingkat pembudidaya lebih tinggi dibandingkan dengan pengumpul dan pengecer, meskipun beberapa jenis ikan memiliki margin yang tinggi namun tidak efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran digital lebih efisien dalam memperluas pasar dan meningkatkan aksesibilitas produk. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pembudidaya, penampung, dan pedagang ikan hias dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik, serta menjadi referensi bagi pengembangan kebijakan yang mendukung keberlanjutan industri ikan hias di Indonesia. Kata Kunci: Ikan hias, Margin pemasaran, Chanel pemasaran, Media sosial

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...