Impulse buying merupakan perilaku konsumen yang cenderung melakukan pembelian tanpa perencanaan, sebagai mahasiswa perguruan tinggi Islam yang merupakan agen dari ilmu pengetahuan Islam, seharusnya mahasiswa melakukan pembelian barang atau jasa dengan pertimbangan prinsip-prinsip ekonomi Islam, namun pada kenyataannya dari survei awal yang dilakukan, sebanyak 248 dari total 324 mahasiswa ekonomi Islam masih sering melakukan impulse buying dengan alasan hanya karena tren dan produk yang sedang viral. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purpusive sampling dengan jumlah 100 mahasiswa. Penelitian ini mengungkapkan secara parsial bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dan etika konsumsi Islam berpengaruh negatif signifikan terhadap impulse buying konsumen yang berbelanja di platform shopee. Secara simultan, variabel viral marketing dan etika konsumsi Islam berpengaruh terhadap impulse buying. Hasil temuan ini menjadi bukti empiris bahwa pemasaran produk perusahaan dengan menyebarkan pesan-pesan pemasarannya menjadi faktor pendorong konsumen untuk membeli produk tanpa perencanaan, namun disisi lain bagi mereka yang memiliki kepatuhan dan kesadaran akan etika konsumsi Islam menjadi faktor penghambat konsumen untuk melakukan pembelian tanpa perencanaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025