JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI
Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi

Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Make Up Artist Anabella

Sihombing, Mega Ulva (Unknown)
Simamora, Nurhawati (Unknown)
Fitria, Rizky Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pengguna internet media sosial semakin ramai digunakan oleh masyarakat dunia. Media sosial diyakini sebagai usaha untuk melakukan pemasaran produk atau jasa. Kini para make up artist (MUA) dapat mempromosikan layanan mereka melalui media sosial, salah satunya adalah Instagram. Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan instagram sebagai media promosi make up artist Anabella. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai media promosi pada Anabella make up dengan menggunakan teori promotion mix dan marketing mix dari kotler dan Armstrong yaitu Advertising, price, product, place, dan promotion. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Anabella telah memanfaatkan Instagram sebagai media promosi dengan baik dan tepat. Penelitian ini juga menunjukan bahwa dalam lima indikator komunikasi promosi yang diaplikasikan oleh make up artist Anabella di media sosial Instagram pada teori promostion mix dan marketing mix adalah periklanan (advertising) dan promosi (promotion) sedangkan harga (price), produk (product), dan tempat (place) tidak diaplikasikan karena menyesuaikan dengan client yang akan di make up. periklanan (advertising), dan promosi (promotion) merupakan indikator yang paling dominan dilakukan oleh Anabella make up. Anabella melakukan Periklanan (advertising), dan promosi (promotion) dengan menggunakan media sosial Instagram dengan memanfaatkan fitur yang ada seperti story, Instagram reels, Instagram feed, dan juga Ads on Instagram untuk menjangkau dan menarik konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JLMI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia berupaya untuk memaparkan pemikiran kritis maupun hasil penelitian yang berpijak kepada eksistensi Ilmu Komunikasi menghadapi dinamika ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia terbit 1 ...