Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri
Vol. 9 No. 2 (2024): September

Peran Kepercayaan Merek dalam Meningkatkan Pengaruh e-WOM dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Keputusan Pembelian Gawai Bekas iPhone

Mahendri, Wisnu (Unknown)
Agustianingrum, Naning Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepercayaan merek dalam memediasi pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian gawai bekas iPhone. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 150 mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, namun berpengaruh secara tidak langsung melalui kepercayaan merek. Gaya hidup hedonisme memiliki pengaruh positif baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek. Kepercayaan merek terbukti menjadi mediator yang efektif dalam hubungan antara e-WOM dan gaya hidup hedonisme terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengimplikasikan bahwa penjual gawai bekas iPhone perlu memfokuskan strategi pemasaran pada pembangunan kepercayaan merek melalui pengelolaan ulasan online yang efektif dan mempertimbangkan aspek hedonis dalam strategi pemasaran mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ekonika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri publish by Faculty of Economics, Universitas Kadiri. The Journal of Ekonika first appeared in March of 2016. The journal is published twice a year, in April and September. Ekonika is a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity ...