Tulisan ini menjabarkan pandangan dan solusi al-Quran yang merupakan pedoman hidup umat Islam terhadap problematika-problematika pendidikan. Adapun metode tematik dipilih menjadi metode analisis dalam penulisan ini, karena menurut al-Farmawi metode ini lazimnya dipakai untuk mengkaji problematika kontemporer umat sebagai upaya kontekstualisasi pesan al-Quran. Al-Quran menyajikan banyak hikmah sebagaimana yang banyak digali dan dikaji oleh para mufassir, klasik maupun kontemporer. Di dalam kalam Ilahi ini dapat ditemukan berbagai hikmah yang berkaitan dengan pendidikan khususnya metode pendidikan yang seyogyanya dapat diadopsi oleh para pendidik. Banyak ayat Al-Quran yang mengambarkan bagaimana dakwah Nabi Muhammad saw. yang menyentuh hati kaumnya dengan prinsip-prinsip yang dapat diimplementasikan dalam metode pendidikan. Antara lain dengan hikmah yang disampaikan melalui kisah-kisah (qashas), perumpaman-perumpamaan (amtsal), nasihat yang baik (mau’idzah hasanah), pelajaran dari kisah (ibrah), maupun berdiskusi dengan cara terbaik (jidal ahsan).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023