Rahmad Jurnal Studi Islam dan Ilmu Al-Quran
Vol 1 No 1 (2023): Juni

Metode Pendidikan Perspektif Al-Qur’an

Muhammad Hisyam (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Tulisan ini menjabarkan pandangan dan solusi al-Quran yang merupakan pedoman hidup umat Islam terhadap problematika-problematika pendidikan. Adapun metode tematik dipilih menjadi metode analisis dalam penulisan ini, karena menurut al-Farmawi metode ini lazimnya dipakai untuk mengkaji problematika kontemporer umat sebagai upaya kontekstualisasi pesan al-Quran. Al-Quran menyajikan banyak hikmah sebagaimana yang banyak digali dan dikaji oleh para mufassir, klasik maupun kontemporer. Di dalam kalam Ilahi ini dapat ditemukan berbagai hikmah yang berkaitan dengan pendidikan khususnya metode pendidikan yang seyogyanya dapat diadopsi oleh para pendidik. Banyak ayat Al-Quran yang mengambarkan bagaimana dakwah Nabi Muhammad saw. yang menyentuh hati kaumnya dengan prinsip-prinsip yang dapat diimplementasikan dalam metode pendidikan. Antara lain dengan hikmah yang disampaikan melalui kisah-kisah (qashas), perumpaman-perumpamaan (amtsal), nasihat yang baik (mau’idzah hasanah), pelajaran dari kisah (ibrah), maupun berdiskusi dengan cara terbaik (jidal ahsan).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rahmad

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Rahmad adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran STIQ Bima. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang keislaman, khususnya ilmu Al-Quran, seperti tafsir, ulumul Quran, dan isu-isu kontemporer terkait nilai-nilai Islam, ...