Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X ditinjau dari gaya belajar pada materi peluang. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa bergaya belajar visual, 1 siswa bergaya belajar auditorial, dan 1 siswa bergaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual menguasai ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan permasalahan ke dalam model matematika serta menggambarkannya secara visual, menyajikan ide dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan notasi ide-ide matematika, dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik hanya mampu menguasai dua indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu menguasai indikator kedua dan indikator ketiga yaitu menyajikan ide dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan notasi ide-ide matematika dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan. Demikian juga, siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menguasai indikator pertama dan indikator ketiga yaitu menyatakan permasalahan ke dalam model matematika serta menggambarkannya secara visual dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan.
Copyrights © 2023