Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 2 (2023): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Belajar

Arum Diyastanti (Universitas PGRI Semarang)
Rizky Esti Utami (Universitas PGRI Semarang)
Rasiman (Universitas PGRI Semarang)
Suprihatin (SMK Negeri 2 Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X ditinjau dari gaya belajar pada materi peluang. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa bergaya belajar visual, 1 siswa bergaya belajar auditorial, dan 1 siswa bergaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual menguasai ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan permasalahan ke dalam model matematika serta menggambarkannya secara visual, menyajikan ide dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan notasi ide-ide matematika, dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik hanya mampu menguasai dua indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu menguasai indikator kedua dan indikator ketiga yaitu menyajikan ide dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan notasi ide-ide matematika dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan. Demikian juga, siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menguasai indikator pertama dan indikator ketiga yaitu menyatakan permasalahan ke dalam model matematika serta menggambarkannya secara visual dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika is a scientific journal in the field of mathematics education and mathematics. This journal is open to all research approaches. It is published by Universitas Muhammadiyah Jember since March 2016. It provides an academic platform for ...