Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai hubungan kemampuan self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas XI di SMAN 1 Telukjambe Timur di Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional melalui pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui instrumen tes berupa soal matematika sebanyak lima butir soal dan instrumen angket yang terdiri atas 18 butir pernyataan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji korelasi Kendall’s Tau yang bertujuan mencari hubungan linier antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif siswa. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,544 yang menujukan keeratan hubungan yang kuat dan mengidentifikasi semakin tinggi self-concept siswa maka semakin tinggi pula kemampuan penalaran adaptif siswa, begitu pula sebaliknya.
Copyrights © 2023