Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen
Vol. 2 No. 6 (2024): JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN (JIEM)

Inovasi Kewirausahaan dalam Peningkatan Daya Saing Industri Sarung Berdasarkan Nilai-Nilai Islam

Cinta Rahmi (Unknown)
Muhammad Ilham Fudholi (Unknown)
Ahmad Diomedes Al Kahfi (Unknown)
Amanda Mutiara Rahman (Unknown)
Darma Al Kautsar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Sarung merupakan pakaian khas Indonesia dan umumnya dikaitkan dengan budaya dan adat istiadat masyarakat pemakainya. Pakaian ini biasanya dikenakan pada berbagai acara formal dan informal, upacara adat, dan acara-acara nasional. Bagi umat Islam, sarung identik dengan pakaian salat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami inovasi kewirausahaan dalam meningkatkan daya saing industri sarung yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi kewirausahaan merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan daya saing industri sarung yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Inovasi kewirausahaan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti penelitian dan pengembangan, kolaborasi dengan desainer dan artis lokal, edukasi dan pelatihan, pemasaran digital, dan sertifikasi halal, yang semua itu dilakukan tentunya pada koridor yang sesuai syariat agama Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiem

Publisher

Subject

Other

Description

JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN (JIEM) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...