Sebagian negara kekayaan alam yang melimpah, indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang yang memiliki berbagai potensi yang besar hampir di segala sektor, salah satunya pariwisata. Pariwisata dianggap menjadi bagian dari sektor ekonomi penting bagi negara, dimana pariwisata seara langsung memberikan kontribusi. Buton tengah merupakan daerah yang banyak memiliki destinasi wisata yang indah yang belum banyak diketahui banyak orang. Salah satunya wisata pantai marboro yang terletak di desa balobone kecamatan mawasangka, buton tengah. Penelitian ini lakukan karena destinasi wisata di desa balobone yaitu pantai marboro kurang pengujung minat wisata wisatawan lokal dan domestik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Awareness, Interest, Desire, Decision, dan Action dalam strategi komunikasi pariwisata desa balobone kecamatan mawasangka kabupaten buton tengah yang digunakan dalam penelitian ini adalah AIDDA yaitu Awareness, Interest, Desire, Decision, dan Action. Metode ini yang digunakan adalah analisi deskriptif dengan pendekatan kuliatatif. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah wawancara dan obsevasi. Berdasarkan hasil penelitian adalah bahwa strategi komunikasi pariwisata di desa balobone memliki potensi yang baik tetapi belum sepenuhnyaeffektif. Terdapat beberapa kendala seperti konflik sosial dan ketersediaan fasilitas yang mempengaruhi optimalisasi promosi. Selain itu, kebutuhan akan peningkatan kualitas infrastruktur dan fasilitas seprti toilet umum dan gajebo, serta kebutuhan untuk memperluas promosi untuk mencapai pengakuan yang lebih luas, menunjukan bahawa masi ada ruang untuk perbaikan agar straregi komunikasi lebih efektif.
Copyrights © 2025