Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, kinerja lingkungan, dan liputan media terhadap environmental disclosure. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan high-profile yang terdaftar pada bursa efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2013, sejumlah 83 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Terdapat 25 perusahaan yang sesuai dengan persyaratan. Unit analisismya adalah annual report perusahaan-perusahaan ini adalah regresi berganda. Hasil pengujian menunjukan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, kinerja lingkungan dan liputan media berpengaruh secara signifikan terhadap environmental disclosure. Namun, leverage tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah agar menggunakan nilai perusahaan, dan press releases terkait informasi lingkungan sebagai variabel yang menjelaskan faktor yang mempengaruhi environmental disclosure.The purpose of this study was to ascertain the influence of company size, profitability, leverage, environmental performance, and media coverage on environmental disclosure. The population of this study was high-profile companies listed in Indonesia stock exchange from 2011 until 2013, that reach number of 83. Purposive sampling was used for collecting samples. There were 25 companies that meet requirements. The unit analysisis companiesâ annual reports from the year of 2011 until 2013 that reach number of 75. This study used multiple regression analysis as the method to analyze the data. The results show that company size, profitability, environmental performance, and media coverage influence environmental disclosure significantly. However, leverage does not influence environmental disclosure. The recommendation for further research is to use companyâs value and companyâ environmental press releases as variable to explain the factor that influence environmental disclosure.
Copyrights © 2015