Kota Bogor terus berusaha mewujudkan dirinya sebagai Smart City, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah adanya transparansi dalam pengelolaan kota, agar masyarakat bisa ikut mengawasi jalannya setiap kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor. Pada tahun 2019 meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (Sibadra). Peningkatan kepuasan masyarakat melalui kualitas produk dapat dilakukan melalui (1) Peningkatan kapasitas server Aplikasi SiBadra sehingga Aplikasi lebih cepat, (2) Maintenance rutin Aplikasi untuk meminimalisir error atau gangguan, (3) Memperbarui desain atau tampilan agar lebih mempermudah penggunaan dan lebih lengkap dalam memberikan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama dengan kepuasan masyarakat, artinya bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kepuasan masyarakat. Upaya peningkatan kepuasan masyarakat dilakukan dengan peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama. Kualitas pelayanan yang baik dan kualitas produk yang baik akan berkontribusi terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa peningkatan kepuasan masyarakat dapat tercipta dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan yang baik dan peningkatan kualitas produk yang baik, demikian pula sebaliknya, apabila kualitas pelayanan buruk dan kualitas produk tidak baik maka peningkatan kepuasan masyarakat tidak akan tercapai.
Copyrights © 2025