Abstract— Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagai dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan wisatawan domestik, serta menganalisis tingkat probabilitas pengaruh dimensi kualitas layanan tersebut terhadap kepuasan dan ketidakpuasan wisatawan setelah berkunjung ke desa wisata kabupaten Sleman. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang dipilih menggunakan metoda non-probability sampling, dengan teknik accidental sampling. Dimensi kualitas layanan sebagai variabel independen meliputi wujud fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, sedangkan kepuasan wisatawan sebagai variabel dependen meliputi kepuasan atas kualitas layanan, kepuasan atas kualitas menyeluruh dan minat kunjungan ulang. Sedangkan pengukuran variable kualitas layanan menggunakan skala Likert dengan nilai antara 1 sampai dengan 5 sedangkan variable kepuasan bersifat kategorial menggunakan skala nominal. Adapun metode analisis data menggunakan regresi logistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dimensi jaminan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan atas kualitas layanan dan kualitas menyeluruh, sedangkan dimensi wujud fisik, keandalan dan ketanggapan tidak berpengaruh. Kepuasan dalam bentuk minat melakukan kunjungan ulang, tidak dipengaruhi secara signifikan oleh seluruh dimensi kualitas layanan. Keywords—.wujud fisik,, keandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan kepuasan.
Copyrights © 2019