Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Vol. 10 No. 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis

PEMBUATAN KEPUTUSAN, DEMOGRAFIS, DAN KEPUASAN PASCA BELI PADA KELOMPOK LOYAL MEREK DAN TIDAK LOYAL MEREK

Rintar Agus Simatupang (Unknown)
Marlis Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

ABSTRACT The objectives of this research were to test difference of decision making on brand loyal group and non brand loyal group, association between demographical factor and brand loyal group and non brand loyal group, and difference in postpurchase satisfaction on brand loyal group with high price and non brand loyal group with low price. Data analysis technique used were discriminant analysis, Chi-Square, and t-test. Result of the research indicated that there is no difference in shopping orientation and buying criteria on brand loyal group and non brand loyal group for Jeans and shirts products. Age and income variables had no association with brand loyal group and non brand loyal group for Jeans and shirt products. In addition, there was no difference in post-purchase satisfaction brand loyal group with high price and non brand loyal group with low price for Jeans product, but there was association for shirt product. Keywords: Brand Loyalty, Shopping Orientation, Buying Criteria, Age, Income, and Post-Purchase Satisfaction. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan, hubungan demografis, serta perbedaan kepuasan pasca beli pada harga mahal dan harga murah dalam pembuatan keputusan pada kelompok loyal merek dan kelompok tidak loyal merek. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. sampel yang digunakan sebanyak 150 respoden untuk kategori produk yaitu Jeans dan kemeja. Teknik analisis data yang digunakan analisis diskriminan dan Chi-square, serta t test. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan orientasi belanja dan kriteria pembelian pada kelompok loyal merek dan kelompok tidak loyal merek untuk Jeans dan kemeja. Pada usia dan pendapatan tidak memiliki hubungan dengan kelompok loyal merek dan kelompok tidak loyal merek untuk Jeans dan kemeja. Juga, tidak terdapat perbedaan kepuasan pasca beli pada kelompok loyal merek dengan harga mahal dan kelompok loyal merek dengan harga murah untuk Jeans tetapi sebaliknya terdapat perbedaan untuk kemeja. Kata kunci: Loyalitas merek, Orientasi Belanja, Kriteria Pembelian, Usia, Pendapatan dan Kepuasan Pasca Beli.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jrmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi ...