Jurnal Manajemen Almatama
Vol. 1 No. 2 (2022): September

ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTU STRATEGI BERSAING TOKO MAS GAJAH DI SENTRA GROSIR CIKARANG

Dewi Wulandari (Unknown)
Susanto (Unknown)
Meikol Benned (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui posisi keunggulan bersaing dan pemilihan alternatif strategi pada Toko Mas Gajah di Sentral Grosir Cikarang. Jenis data yang digunakan adalah data yang berasal dari sumbernya data internal dan eksternal melalui wawancara. Pengujian penelitian menggunakan teknik analisis SWOT, berdasarkan hasil matriks IE menunjukan EFAS 2,64 dan IFAS 2,96 perusahaan berada pada posisi sel ke 5 Pertumbuhan stabilitas, ini membuktikan bahwa Toko Mas Gajah berada di dalam industri yang menghadapi pertumbuhan kecil atau bahkan tidak ada. Berdasarkan diagram SWOT posisi Toko Mas Gajah berada di kuadran 1 oleh karena itu pemilihan alternatif strateginya adalah strategi SO (Strengths-Opportunities).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal contains research articles, conceptual development, critical review relating to the fields of management and business, such as the Human Resource Management, Marketing, Operational, Information System Management, Entrepreneurship, and Finance in the service ...