Bhamada: Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan (E-Journal)
Vol 6 No 2 (2015)

PENGARUH TERAPI VISUAL TEKNIK PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION (PEC) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK AUTISME DI SD PURBA ADHI SUTA PURBALINGGA

Rahmaya Nova Handayani (Unknown)
Murniati Murniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2020

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan berupa gangguan bahasa, komunikasi,perilaku dan interaksi sosial. Ada beberapa terapi yang dapat disarankan untuk mengatasiautisme antara lain adalah terapi visual.Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh dan perbedaan antara anak autisme yangdiberi dan tidak diberi terapi PEC.Rancangan penelitian adalahpre post test control group. Responden dibagi menjadi 2kelompok dengan pembagian 8 responden sebagai kelompok intervensi terapi visual teknikPEC, dan 7 responden kelompok kontrol. Intervensi dilakukan setiap 1 minggutiga kali yaituhari Senin, Rabu, Jumat dengan waktu 20-30 selama 2 bulan. Analisis data yang digunakanyaitupaired t-test design dan un-paired t-test (independent t-test).Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dan perbedaankemampuan bahasa reseptif dan ekspresif sebelum dan sesudah dilakukan terapi visual PECpada anak autisme di SD Purba Adhi Suta Purbalingga.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jik

Publisher

Subject

Environmental Science Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

JITK Bhamada adalah untuk diterbitkan, menyebarluaskan, dan membahas berbagai tulisan tentang penelitian kesehatan, yang membantu pendidik, pelaksana penelitian kesehatan, peneliti, dan membuat agar lebih efektif. JITK Bhamada dalam menerima artikel akan menyaring untuk keaslian, relevansi ...