Jurnal Informatika Atma Jogja
Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Informatika Atma Jogja - NOVEMBER

Pembangunan Game Edukasi untuk Pengenalan Rambu Lalu Lintas pada Anak Sekolah Dasar

Edwin Nathaniel (Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika)
Th. Adi Purnomo Sidhi (Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika)
Vinindita Citrayasa (Fakultas Teknologi Industri - Program Studi Informatika)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Rambu lalu lintas merupakan papan yang berfungsi memperingatkan, melarang, memberi perintah, dan menunjukkan arah pengguna jalan. Pelanggaran rambu lalu lintas menjadi salah satu penyebab pelanggaran lalu lintas yang membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Pendidikan berlalu lintas pada usia dini diperlukan untuk mencegah peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas. Perkembangan teknologi membuat media pembelajaran semakin bervariatif. Salah satu contohnya adalah menggunakan media game edukasi. Tujuan dari game edukasi ini adalah membantu anak untuk lebih memahami fungsi rambu. Anak yang telah mengerti arti rambu lalu lintas diharapkan dapat menerapkan di kehidupan nyata. Dalam merancang game, yang pertama dilakukan sebelum melakukan coding adalah menentukan story yang dibuat dalam bentuk storyboard. Aplikasi game ini dikembangkan menggunakan Unity 3D game engine menggunakan bahasa pemrograman C#, serta objek tiga dimensi dibuat menggunakan Blender.Kata Kunci: Game edukasi, rambu lalu lintas, Unity 3D

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiaj

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

We aim to share high-quality research in Informatics, providing valuable insights and innovations for academics, IT specialists, computer scientists, and industry practitioners. We strive to encourage a lively knowledge exchange within the global IT community. Jurnal Informatika Atma Jogja publishes ...