Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tingkat korelasi antara promosi produk dengan penjualan dan pendapatan UMKM serta untuk melihat tingkat efektivitas promosi produk yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi berganda doulittle serta metode clustering mengimplementasikan algoritma fuzzy c-means. Melalui perhitungan korelasi, akan ditemukan tingkat korelasi yang berhasil diraih antara promosi dengan pendapatan UMKM. Kemudian, penelitian ini ingin menguji algoritma fuzzy c-means dalam clustering UMKM serta menghitung tingkat efektivitas promosi yang berhasil diraih oleh setiap cluster. Dataset terdiri atas 100 data dengan 7 macam variabel. Hasil penelitian mendapatkan tingkat korelasi antar variabel sebesar 68.093, pusat cluster berupa matriks Vkj, terbentuknya 2 buah cluster, serta tingkat efektivitas pada setiap cluster dengan 90.11% untuk cluster 2 dan 56.55% untuk cluster 1. Setelah menentukan tingkat efektivitas pada setiap cluster maka dapat menentukan cluster mana yang lebih efektif dalam melakukan promosi produk melalui media sosial.Kata Kunci: UMKM, Clustering, Promosi, Korelasi Berganda Doulittle, Fuzzy C-Means
Copyrights © 2022