CSS Aquatic merupakan sebuah toko yang bergerak dalam bidang penjualan material aquascape, namun dari berbagai jenis produk yang dijual tidak semuanya memiliki nilai penjualan yang tinggi, ada produk yang memiliki daya jual sedang dan rendah. Data penjualan pada CSS Aquatic tidak tersusun dengan baik, sehingga data tersebut hanya berfungsi sebagai arsip bagi toko dan tidak dapat dimanfaatkan untuk pengembangan strategi pemasaran. Oleh karena itu perlu diterapkan data mining menggunakan metode CRISP-DM (Cross-Industry Standard Process Model for Data Mining) dengan algoritma K-Means pada CSS Aquatic. Algoritma K-Means dapat diterapkan pada CSS Aquatic untuk menentukan penjualan produk mana yang memiliki nilai penjualan tinggi, sedang, dan rendah. Penerapan metode K-Means pada CSS Aquatic yaitu dengan cara mengelompokan data penjualan produk. Kemudian memilih 3 cluster secara acak sebagai centroid awal. Setelah data pada setiap cluster tidak berubah, maka dapat diinterpretasikan hasil akhirnya. Hasil pemodelan menghasilkan program aplikasi dengan sistem laporan yang menampilkan hasil clustering pada setiap jenis produk barang berdasarkan penjualan quantity barang untuk diinterpretasikan pada masalah tersebut.
Copyrights © 2024