JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN
Vol. 2 No. 1 (2025): JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN 

Analisis Pemasaran Produk Teaching Factory SMK di Kabupaten Jember

Rizal Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran dan alokasi pemasaran. Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran.Pembelajaran melalui teaching factory bertujuan untuk menumbuh kembangkan karakter dan etos kerja yang dibutuhkan industri, dunia usaha dan dunia kerja serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competencybased training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (productionbased training).Berdasarkan hasil analisis matrik IFAS merupakan prioritas yang paling dominan dalam peningkatan daya beli dan analisa pemasaran pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil IFAS= 2.080 dan EFAS= 2.125. Hasil matrik Internal Eksternal (IE) strategi pengembangan pemasaran produk TeFa SMK di Kabupaten Jember berada pada sel V. Strategi pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi horizontal. Strategi yang digunakan adalah konsolidasi untuk menghindari kehilangan penjualan maupun profit perusahaan dengan pertahanan dan pemeliharaan dalam upaya meningkatkan kualitas produk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jaem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN (JAEM) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...