Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran dan alokasi pemasaran. Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran.Pembelajaran melalui teaching factory bertujuan untuk menumbuh kembangkan karakter dan etos kerja yang dibutuhkan industri, dunia usaha dan dunia kerja serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competencybased training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (productionbased training).Berdasarkan hasil analisis matrik IFAS merupakan prioritas yang paling dominan dalam peningkatan daya beli dan analisa pemasaran pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil IFAS= 2.080 dan EFAS= 2.125. Hasil matrik Internal Eksternal (IE) strategi pengembangan pemasaran produk TeFa SMK di Kabupaten Jember berada pada sel V. Strategi pertumbuhan konsentrasi melalui integrasi horizontal. Strategi yang digunakan adalah konsolidasi untuk menghindari kehilangan penjualan maupun profit perusahaan dengan pertahanan dan pemeliharaan dalam upaya meningkatkan kualitas produk.
Copyrights © 2025