Latar belakang: Ketidakpuasan pasien di Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo khususnya pasien BPJS dan umum masih terdapat beberapa keluhan terkait pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit yang disampaikan melalui ulasan website. Tujuan: untuk mengetahui mengetahui perbedaan kepuasan pasien BPJS dan Pasien Umum di bagian pendaftaran rawat jalan. Metode: penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 10.272 responden, besar sampel 100 responden, teknik Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik rancangan acak dengan sederhana (Simple Random Sampling), waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2024, teknik analisis yang digunakan uji beda Mann Whitney U-test. Hasil: Responden BPJS yang merasa puas 28 orang (56%), dan yang merasa sangat puas 22 orang (44%). Responden Umum yang merasa puas 6 orang (12%), dan yang merasa sangat puas 44 orang (88%). Selain itu, hasil penelitian ini juga mennjukkan bahwa ada perbedaan kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum di bagian pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo dengan nilai p value 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan: ada perbedaan kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum di bagian pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo, Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo disarankan untuk meningkatkan kepuasan pasien dengan memberikan pelatihan kepada petugas pendaftaran tentang pelayanan.
Copyrights © 2024