Kemajuan teknologi telah mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja, dari yang semula berfokus pada pemenuhan kebutuhan dasar menjadi pembelian yang didorong oleh keinginan yang memicu pada perilaku impulsive buying. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi apakah live streaming dan event tanggal kembar berpengaruh terhadap impulsive buying serta ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Objek dari penelitian ini adalah pengguna Shopee pada generasi Z di Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah asosiatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Melibatkan 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik porposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan software Minitab versi 19. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh live streaming terhadap impulsive buying, kemudian event tanggal kembar juga memiliki pengaruh terhadap impulsive buying, serta secara bersama-sama live streaming dan event tanggal kembar berpengaruh terhadap impulsive buying. Dalam ekonomi islam perilaku konsumsen yang tidak terkontrol dapat bertentangan dengan prinsip–prinsip syariah seperti zuhud (kesederhanaan) dan penghindaran israf (berlebihan). Dimana islam dianjurkan untuk mempertimbangkan apakah hal tersebut menjadi kebutuhan atau hanya sekedar keinginan.
Copyrights © 2025