JKaKa
Vol. 5 No. 1 (2025): JANUARI 2025

ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN STRATEGI PENANGANANYA: STUDI KASUS DI MTS NEGERI 2 PANGANDARAN

Nadia Lutfi Mgpiroh (Unknown)
Zahra Atiyatul Muta’aliyah (Unknown)
Ai Durotus Sopiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penyebab, tanda-tanda, serta langkah penanganan efektif terhadap kesulitan belajar siswa MTs Negeri 2 Pangandaran. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam bersama guru BK sebagai teknik utama pengumpulan data, didukung studi pustaka sebagai referensi tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar disebabkan faktor internal, seperti rendahnya konsentrasi dan motivasi, serta faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang kurang mendukung. Gejalanya terlihat dari penurunan prestasi, kesulitan fokus, dan emosi tidak stabil. Penanganan dilakukan melalui komunikasi efektif antara guru dan siswa, metode pembelajaran variatif, bimbingan individu dan kelompok, serta kolaborasi dengan orang tua dan pihak terkait. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam merancang solusi yang lebih efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkaka

Publisher

Subject

Religion Arts Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JKaKa:Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam Adalah jurnal unggulan Fakultas Dakwah Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi bekerjasama dengan Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). JKaKa:Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam menyediakan karya ilmiah hasil penelitian ...